Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELULUSAN UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN(UKK) MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) DI SMK GLOBAL CENDEKIA

ELFATRI, - (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELULUSAN UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN(UKK) MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) DI SMK GLOBAL CENDEKIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
TA ELFATRI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELULUSAN UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) DI SMK GLOBAL CENDEKIA ELFATRI NIM. 11850124635 Tanggal Sidang: 24 November 2022 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk siswa dan tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan berkompentensi. Pendidikan kejuruan memiliki Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). SMK Global Cendekia merupakan sekolah menengah kejuruan yang memiliki tiga jurusan, yaitu Multimedia, Akuntansi, dan Otomotif Alat Berat. SMK Global Cendekia melakukan ujian kompetensi di akhir semester untuk siswa kelas XII. Berdasarkan observasi yang dilakukan terdapat permasalahan, yaitu penilaian dan penentuan kelulusan siswa masih dilakukan secara manual. Hal ini tentu tidak efektif dan memakan waktu yang lama, kertas penilaian yang rusak, hilang, serta penilaian yang subjectivitas. Pada penelitian ini diberikan solusi yaitu pembuatan sistem pendukung keputusan penentuan kelulusan ujian kompetensi keahlian (UKK) dengan metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis). Sistem pendukung keputusan yang akan dibangun berbasis Website dan Android. Sistem ini akan membantu ketua jurusan dan penguji dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kelulusan para siswa secara efektif, tepat dan cepat. Sistem ini telah diuji menggunakan metode pengujian Blackbox dan user acceptance test (UAT) diperoleh hasil persentasi sebesar 94%. Kesimpulannya sistem berjalan dengan sangat baik dan berjalan seperti yang diharapkan. Kata kunci: SMK Global Cendekia, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelulusan, website, Android, Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:18
Last Modified: 02 Dec 2022 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64398

Actions (login required)

View Item View Item