Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Ritual Mandi Balimau dalam Silat pangean di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampa

IIL ADHA, - (2022) Ritual Mandi Balimau dalam Silat pangean di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Ritual Mandi Balimau dalam Silat pangean di Desa Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar”. Ditulis oleh Iil Adha jurusan Studi Agama fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Ritual mandi balimau merupakan sebuah ritual yang harus dilakukan oleh setiap pesilat yang ingin bergabung ke dalam perguruan silat pangean tersebut. Pangean merupakan sebuah desa yang berada di Kabupaten Kuantang Singingi yang memiliki seni budaya yang unik, tersohor dan menonjol. Karena silat ini tampil dengan ragam gaya dan ketangguhannya silat pangean ini mengalami perkembangan yang sangat baik hingga sampai di Desa Muara Jalai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiman proses pelaksanaan tradisi mandi balimau di Desa Muara Jalai, apa makna simbolik tradisi mandi balimau dan apa saja factor-faktor yang menyebabkan masyarakat Muara Jalai melaksanakan ritual mandi balimau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Adapun hasil penilitian ini adalah pelaksaan ritual ini dengan cara dimana sang guru akan memandikan calon muridnya dengan air perasan limau yang telah diberikan mantera agar pada saat latihan silat tidak diganggu oleh jin sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kata Kunci: Ritual, Mandi Balimau, Silat Pangean.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:20
Last Modified: 02 Dec 2022 08:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64396

Actions (login required)

View Item View Item