Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGALAMAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING MELAKSANAKAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN KONSELING SECARA ONLINE DAN OFFLINE ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA PPL BK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM KONSENTRASI BIMBINGAN KONSELING 2021 )

FITRI SALMA, - (2022) PENGALAMAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING MELAKSANAKAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN KONSELING SECARA ONLINE DAN OFFLINE ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA PPL BK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM KONSENTRASI BIMBINGAN KONSELING 2021 ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI SALMA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FITRI SALMA. (2022): Pengalaman Calon Guru Bimbingan Konseling Melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan Bimbingan Konseling Secara Online dan Offline di Sekolah (Studi Kasus pada Mahasiswa PPL Konsentrasi Bimbingan Konseling Mpi 2021) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman mahasiswa calon guru Bimbingan Konseling dalam melaksanakan praktek pengalaman lapangan (PPL) BK secara online dan offline pada masa pendemi semester ganjil tahun akademik 2021, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan PPL BK secara online dan offline, cara mahasiswa BK mengatasi hambatan dan rintangan dalam PPL BK secara online dan offline. Jenis penelitian survai deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian BK ini mengunakan angket dan goongle foom, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan analisis deskriptif. Informan utama penelitian ini adalah 35 orang yang menggisi goongle foom dan selanjutnya dilakukan wawancara terakhir 5 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pengalaman mahasiswa saat PPL offline adalah responden melakukan studi kebutuhan, menyususun prongram kegiatan pelayanan konseling,membuat media layanan bimbingan konseling. Sedangkan pada saat PPL online yang harus di siapkan adalah layanan orientasi secara klasikal , layanan informasi yang dilakukan secara klasikal, dan mengunakan whatshap group, layanan penguasaan konten,konseling perorangan online layanan konseling kelompok secara online. Faktor pendukung PPL BK offline adalah dukungan dari lembaga pendidikan tempat PPL, dosen pembimbing PPL dan dukungan dari guru pamong siswa, sementara faktor pendukung PPL BK online adalah bantuan akses internet dari lembaga pendidikan saran dosen pembimbing PPL terbaik belajar daring , peran dari guru pamong saat belajar daring, pengunaan smartfon dan leptop. Faktor penghambat pelaksanan PPL BK offline materi yang di sediakan terutama buku acuan untuk mengajar masih kurang, kondisi kelas yang terkadang kurang kondusif. Sementara faktor yang mengambat PPL BK onlline adalah jaringan internet yang kurang bagus, dan kondisi kelas yang tidak kondusif. Uapaya calon guru BK dalam mengatasi hambatan pelaksanaan PPL BK daring plus adalah konsultasi dengan dosen dan guru pamong, menyediakan faselitas lebih serta kerjasama dengan personil yang lainya seperti guru mata pelajaran, aparat sekolah, kepala sekolah dan lainnya. Kata Kunci : Pengalaman Calon Guru Bimbingan Konseling, Praktek Pengalaman Lapangan Bimbingan Konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:30
Last Modified: 02 Dec 2022 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64391

Actions (login required)

View Item View Item