Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA KAFĀ BILLĀH DALAM AL-QUR’AN RELEVANSI DENGAN TAWAKAL

FAUZI RAHMAT, - (2022) MAKNA KAFĀ BILLĀH DALAM AL-QUR’AN RELEVANSI DENGAN TAWAKAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul makna kafa billah dalam Al-Quran Kajian Tafsir Tematik, yang harus di pahami dalam penelitian ini adalah apa saja makna kafa billah dalam Al-Quran. Serta keterkaitan satu ayat dengan ayat yang lain. Ditinjau dari segi bahasa yang dipakai Al-Quran mengandung makna yang sangat tinggi, setiap kata dalam Al-Quran memiliki makna tersendiri walaupun berbeda bentuk dengan kata yang lain meskipun memiliki arti yang sama. Bahasa yang ada dalam Al-Quran tidak hanya menunjukan satu arti saja dan satu makna saja akan tetapi bahasa Al-Quran memberikan makna baru dalam bahasa Arab. Ada beberapa contoh kata yang redaksinya berbeda, tetapi secara terminologinya sama. Sebagaimana kata االله حسبنا dan كفي باالله dua kata ini dapat dijumpai dalam Al-Qur’an dan di artikan sama, yakni “cukuplah Allah” keunikan Al-Qur’an banyak menggunakan istilah yang berbeda dari segi bentuk tulisan, hal ini tentunya memiliki penerapan yang berbeda pula. Dari hasil penelusuran terhadap kata kafa billahi dalam Al-Qur’an ditemukan sebanyak 17 kali pengulangan, terdapat dalam surah an-Nisa sebanyak 9 kali, dalam surah Yunus 1 kali, dalam surah ar-Ra’du 1 kali, dalam surah al-Isra 1 kali, dalam surah al-Ankabut 1 kali, dalam surah al-Ahzab 3 kali, dalam surah al-Fath 1 kali. Sedangkan lafazh Hasbunallahi sebanyak 2 kali pengulangan, terdapat pada surah al-Imran 1 kali, dan terdapat dalam surah at-Taubah 1 kali. Maka adanya ayat-ayat yang berkaitan dengan kafa billah dan dibantu dengan penafsiran ulama tafsir dari kitab Tafsir Al-Munir, Tafsir Al-Qurthubi, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Azhar. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran kata kafa billah, dan apa saja nilai yang terkandung pada kafa billah. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pembaca dan menjadi solusi jawaban bagi yang membutuhkan mengenai makna kafa billah dalam Al-Quran. Dalam kajian ini penulis menggunakan penelitian library research yang dikenal dengan penelitian perpustakaan dengan metodologi studi tematik, penelitian ini disajikan dengan teknik analisis yaitu menjelaskan ayat-ayat yang berhubungan dengan kafa billah. Dengan merujuk pada Al-Quran sebagai data primer dan buku literatur yang berkaitan dengan tema yang dibicarakan sebagai data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini kafa billah adalah cukuplah dengan Allah yaitu merasa cukup dengan apa yang menjadi ketentuan Allah dan menyerahkan semua hanya kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 06 Dec 2022 00:57
Last Modified: 06 Dec 2022 00:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64385

Actions (login required)

View Item View Item