SCHOOL REFUSALPADA ANAK SEKOLAH DASAR STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF

Yesi Diana Fitri, (2015) SCHOOL REFUSALPADA ANAK SEKOLAH DASAR STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Masa sekolah merupakan salah satu masa yang menyenangkan dan paling dinantikan oleh anak. Tidak semua anak merasa bahwa masa sekolah merupakan masa yang menyenangkan, ada sebagian anak yang mengalami penolakan terhadap sekolah (school refusal). Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran anak Sekolah Dasar yang mengalami school refusal, penyebab anak Sekolah Dasar mengalami school refusal serta sikap orang tua terhadap anak yang mengalami school refusal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak Sekolah Dasar yang mengalami school refusal di dua Sekolah Dasar, di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar subjek berjumlah sepuluh orang. Analisis deskriptif dilakukan terhadap data hasil wawancara dan cacatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak Sekolah Dasar yang mengalami school refusal mengalami penolakan yang sangat berarti terhadap sekolah, takut untuk datang kesekolah, tidak kooperatif saat berada di sekolah, tidak ingin berlama lama di sekolah dan tidak ingin pisah dari figure attachment-nya.ada dua faktor yang menyebabkan anak Sekolah Dasar yang mengalami school refusal, yaitu: keluarga dan lingkungan sekolah. Sikap orang tua terhadap anak Sekolah Dasar yang mengalami school refusal terbagi menjadi dua, yaitu: orang tua yang berusaha memperbaiki keadaan dan orang tua yang pasrah akan keadaan. Kata kunci : school refusal, anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 23 Aug 2016 10:33
Last Modified: 23 Aug 2016 10:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6437

Actions (login required)

View Item View Item