PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU

Suci Afnitasari, (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Masih terdapat siswa yang kurang menguasai materi dalam proses belajar mengajar serta metode pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang tepat sehingga hal ini berdampak pada penurunan kompetensi belajar siswa pada pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tutor sebaya terhadap kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh pembelajaran tutor sebaya terhadap kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah 24 orang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Y Pekanbaru kelas remedial XI IPS 4 dan XI IPS 5 dan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes sumatif. Uji perbedaan menggunakan teknik analisis independent T test (uji-t). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi belajar Matematika siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pembelajaran tutor sebaya dilihat dari skor rerata 3.33 pada saat pretest dan 51.67 pada saat posttest. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran tutor sebaya berpengaruh dalam meningkatkan kompetensi belajar Matematika siswa dan menjadi salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam peningkatan kompetensi belajar siswa. Kata kunci: Kompetensi Belajar, Kompetensi Dasar Matematika, Pembelajaran Tutor Sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:58
Last Modified: 22 Aug 2016 10:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6434

Actions (login required)

View Item View Item