Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION

Rahmah Khairani, - (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAH KHAIRANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) merupakan sebuah sistem yang diterapkan oleh STIKes Hang Tuah Pekanbaru untuk menciptakan budaya belajar yang efektif dan produktif. Dalam penerapannya, masih ditemui beberapa permasalahan, seperti fitur yang tidak berfungsi dengan baik, warna tampilan sistem yang terlalu sederhana, banyaknya submenu dalam satu menu, pengguna merasa bingung saat pertama kali menjalankan sistem, proses pengolahan datanya lebih memakan waktu dan terdapat beberapa menu yang sudah lama tidak diperbarui. Selain itu, dari awal penerapannya hingga saat ini, belum ada laporan yang dapat menjelaskan bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap SPADA di STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Oleh karena itu, dilakukan analisis pengukuran kepuasan pengguna terhadap SPADA untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan membuat rekomendasi perbaikan dalam pengelolaan SPADA di masa mendatang. Metode yang digunakan adalah End User Computing Satisafaction atau EUCS. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, pengamatan dan penyebaran kuesioner kepada 98 responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data yang diperoleh dihitung menggunakan SmartPLS versi 3.3. Dimana dari 5 hipotesis yang diajukan, terdapat 3 hipotesis yang ditolak dan 2 hipotesis yang diterima. 3 hipotesis yang ditolak yaitu Isi, Akurasi dan Tampilan. Adapun 2 hipotesis yang diterima yaitu Kemudahan Pengguna dan Ketepatan Waktu. Selanjutnya terkait beberapa permasalahan yang dikeluhkan pengguna, peneliti memberikan 6 rekomendasi perbaikan terhadap SPADA yaitu memperbaiki fitur badges, memperbaiki warna tampilan SPADA, memperbarui menu Program Studi, memberikan pelatihan cara menggunakan SPADA, meningkatkan server SPADA dan menyarankan pengelola SPADA untuk aktif dalam memperbarui informasi SPADA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna; Sistem Pembelajaran Daring, End User Computing Satisafaction; Simple Random Sampling;
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:30
Last Modified: 06 Dec 2022 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64338

Actions (login required)

View Item View Item