Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMP PLUS YLPI MARPOYAN

TUTHI FARHIYAH ALAWIYAH, - (2022) PENGARUH PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMP PLUS YLPI MARPOYAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PENGARUH PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BEPRESTASI SISWA SMP PLUS YLPI MARPOYAN Oleh: Tuthi Farhiyah Alawiyah 11661203538@students.uin-suska.ac.id Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Abstrak Standar keberhasilan siswa umumnya diukur oleh pencapaian prestasi akademik yang cemerlang di sekolah. Untuk memiliki motivasi berprestasi yang tinggi pada kenyataannya tidaklah mudah. Salah satu upaya meningkatkan motivasi berprestasi siswa adalah melatih kemampuan adversity quotient melalui pelatihan adversity quotient. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyelenggaraan pelatihan adversity quotient terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa SMP PLUS YLPI Marpoyan. Partisipan penelitian sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive samping. Rancangan eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design. Tingkat motivasi berprestasi siswa diukur dengan achievement motivation inventory scale (Muthee dan Thomas, 2009) dengan koefisien reliabilitas sebesar .886. Penelitian ini menggunakan teknik analisa Wilcoxon yang kemudian diolah dengan SPSS version 20. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata partisipan kelompok eksperimen mengalami peningkatan pada posttest. Hasil uji hipotetis Wilcoxon dengan signifikansi .000 (p < .01) menunjukkan bahwa pelatihan adversity quotient berpengaruh untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP PLUS YLPI Marpoyan. Hipotesis tersebut didukung dengan hasil uji Mann-Whitney Exact Sig. .011 (p < .05), terdapat perbedaan signifikan antara skor motivasi berprestasi partisipan yang diberikan perlakuan dan tidak diberi perlakuan. Kata kunci: Motivasi Berprestasi, dan Pelatihan Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:45
Last Modified: 23 Nov 2022 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64313

Actions (login required)

View Item View Item