Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA JAHIT TEMPAHAN SILVIA TAILOR PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

SILVIA NADRAH NST, - (2022) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA JAHIT TEMPAHAN SILVIA TAILOR PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SILVIA NADRAH NST.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Silvia Nadrah NST, (2022) : Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Jahit Tempahan Silvia Tailor Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama dalam dunia bisnis karena tingkat persaingan yang sangat ketat dalam dunia suatu usaha. Hal utama agar usaha dapat bertahan, bersaing dan menguasai pangsa pasar adalah dengan cara meningkatkan serta memperbaiki tingkat kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan memiliki dimensi reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), bukti fisik (tangibles). Salah satu usaha jahit tempahan yang sudah lama berdiri sekitar 23 tahun yaitu Silvia Tailor, usaha ini telah berusaha dalam memberikan kualitas pelayanan. Namun penulis mendapatkan fenomena gejala kualitas pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan/ketidakpuasan pelanggan serta diperkuat dengan adanya data jumlah pelanggan yang tiap bulannya mengalami naik turun atau fluktuasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap kualitas pelayanan pada usaha jahit tempahan Silvia Tailor Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.106 pelanggan dan sampel sebanyak 92 orang responden yang didapat dari rumus slovin menggunakan teknik accidental sampling. Uji penelitian yang digunakan adalah uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heteroskedastisitis dan uji autokorelasi. Uji hipotesis berupa analisis regresi sederhana, uji t, dan uji R2. Hasil penelitian ini, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y=2,343+0,733X artinya bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hal ini diuji dengan menggunakan uji t, yang mana bahwa secara persial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena dari hasil uji t diketahui bahwa nilai thitung(15,576)>ttabel(1,987) nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji R2 menunjukkan bahwa R2 sebesar 0,729, nilai tersebut menggambarkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 72,9%, sedangkan sisanya 27,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Tinjauan ekonomi syariah terhadap kualitas pelayanan pada usaha jahit tempahan Silvia Tailor Pekanbaru telah menerapkan prinsip syariah dalam melakukan kualitas pelayanannya seperti menerapkan prinsip persamaan, ramah-tamah, sopan santun, sabar, bertutur kata yang baik serta ta’awun. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:06
Last Modified: 23 Nov 2022 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64307

Actions (login required)

View Item View Item