Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GANDA ISTRI DALAM KELUARGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Study di RT 04 RW 01 Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sail, Pekanbaru)

DINDA RAMADHANI, - (2022) PERAN GANDA ISTRI DALAM KELUARGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Study di RT 04 RW 01 Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sail, Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINDA RAMADHANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dinda Ramadhani, (2022) : PERAN GANDA ISTRI DALAM KELUARGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM ( study di kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sail, Pekanbaru ) Skripsi ini membahas tentang peran ganda istri yang bekerja dikelurahan Suka Maju kecamatan Sail, Pekanbaru. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah peran ganda nya yang tidak terlaksana dengan baik atau terdapat hambatan dalam mengemban peran ganda ini akan bisa berdampak negatif dalam rumah tangga. Bagaimana tinjauan hukum islam serta peran dan dampak dalam menjalani peran ganda istri terhadap kehidupan rumah tangga di kelurahan Suka Maju. Kecamatan Sail, Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu penyusun mencari data secara langsung pada tempat kejadian yaitu di kelurahan Suka Maju, kecamatan Sail, Pekanbaru, penelitian ini bersifat deskriptif.Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini ialah peran ganda istri diantaranya, sebagai pendamping suami, sebagai ibu serta pedidik, pembina generasi bagi anak anaknya dan pencari rezky tambahan serta pengatur ekonomi rumah tangga, hal ini mempunyai dampak yang besar untuk kehidupan rumah tangga dalam peningkatan perekonomian keluarga, dan bisa menjadi dampak tidak baik jika istri tidak bisa mengatur waktu dengan baik, tidak bisa mengatasi hambatan yang terjadi sehingga dalam hal ini memerlukan support sistem yang baik dari suami dan keluarga, seperti halnya dalam mengerjakan pekerjaan rumah dan mengurus anak serta pendidikan akhlak untuk mereka. Isttri yang memiliki peran ganda itu tidak bertentangan dengan konsep hukum islam. Istri yang bekerja dibenarkan selama tidak membahayakan dan tidak menyimpang dan memenuhi segala syarat dan etika nilai yang ada dalam konsep hukum islam. Kata kunci : Peran Ganda, Istri, Keluarga, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:12
Last Modified: 14 Nov 2022 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64207

Actions (login required)

View Item View Item