Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

A STUDY ON SPELLING ERRORS IN STUDENTS’ WRITING OF DESCRIPTIVE TEXT AT SMP N 1 KATEMAN

MALLIA FILLORI, - (2022) A STUDY ON SPELLING ERRORS IN STUDENTS’ WRITING OF DESCRIPTIVE TEXT AT SMP N 1 KATEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img]
Preview
Text
THESIS MALLIA FILLORI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mallia Fillori (2022): Sebuah Studi Tentang Kesalahan Ejaan pada Siswa yang Menulis Teks Deskriptif di SMP N 1 Kateman Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proposi (frekuensi dan persentase) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis teks deskriptif. Peneliti memformulasikan masalah kedalam dua pertanyaan penelitian yaitu apa type kesalahan ejaan di penulisan teks deskriptif dan apa kesalahan yang paling mendominasi terjadi dalam menulis teks deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kateman. Adapun, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan masalah kesalahan ejaan siswa dalam menulis teks deskriptif di Sekolah Menengah Pertaman Negeri 1 Kateman. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertaman Negeri 1 Kateman. Penelitian ini menggunakan random sampling untuk mengambil data. Ada 20 siswa sebagai sample dari 143 siswa. Untuk mengambil data peneliti menggunakan test siswa tentang teks deskriptif. Jumlah kesalahan siswa dalam menulis teks laporan adalah 130 kesalahan. Persentasi dari kesalahan siswa dalam menulis teks deskriptif adalah Omission adalah 33.9% atau 44 kesalahan, addition adalah 24,6 % atau 32 kesalahan, Single Letter adalah 9,2% atau 12 kesalahan, double letter adalah 5,4% atau 7 kesalahan, substitution adalah 21,5 % atau 28 kesalahan, Interchange adalah 3.9 % atau 5 kesalahan, Involving on apostrophe adalah 0 % atau 0 kesalahan, errouneours splitting adalah 1.5 % atau 2 kesalahan, dan two or more error adalah 0 % atau 0 kesalahan. Dan kesalahan yang paling dominan adalah Omission dengan 33.9 % atau 44 kesalahan. Kesimpulannya, terdapat 7 dari 9 type kesalahan dalam penulisan yaitu Omission, addition, single letter, double letter, substitution, interchange dan erroneous splitting. Dan peneliti juga menemukan omission sebagai kesalahan penulisan yang paling dominan yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:03
Last Modified: 14 Nov 2022 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64199

Actions (login required)

View Item View Item