FAHMI WAHYUDI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI DINAMIKA ATMOSFER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI OLAHRAGA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fahmi Wahyudi (2022) : Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi Dinamika Atmosfer terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri Olahraga Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw pada materi dinamika atmosfer terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri Olahraga Riau. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner motivasi belajar. Dalam penelitian ini, kuesioner yang diberikan sebagai bentuk pengambilan data motivasi belajar geografi di kelas kontrol maupun kelas eksperimen dan Uji Hipotesis menggunakan T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw pada materi dinamika atmosfer terhadap motivasi belajar siswa memberikan pengaruh yang baik terhadap motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen di bandingkan dengan kelas kontrol, Pada kelas eksperimen nilai t sebesar 87.25 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 35.77 berdasarkan analisis uji t antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikan (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yaitu berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran, Jingsaw, Motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:16 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64188 |
Actions (login required)
View Item |