Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN MORAL DISENGAGMENT DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL (STUDI PADA SALAH SATU SMAN DI PEKANBARU)

NADILA SADINDA HASIBUAN, - (2022) HUBUNGAN MORAL DISENGAGMENT DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL (STUDI PADA SALAH SATU SMAN DI PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HUBUNGAN MORAL DISENGAGMENT DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL (STUDI PADA SALAH SATU SMAN DI PEKANBARU) Oleh Nadila Sadinda Hasibuan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Penggunaan media sosial meningkatkan perilaku cyberbullying dikalangan remaja, dalam melakukan perilaku tersebut para remaja menganggap perilaku cyberbullying merupakan hal yang biasa dan wajar yang dikenal dengan moral disengagement. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara moral disengagement dengan perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional untuk mengetahui hubungan kedua variabel. Patisipan dalam penelitian ini adalah remaja yang menggunakan smartphone dan aktif menggunakan media sosial dengan rentang umur 13-18 tahun. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 265 remaja yang bersekolah disalah satu SMAN di Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel bersifat non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel perposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala moral disengagement yang berasal dari Hymel dan skala perilaku cyberbullying yang dibuat sendiri oleh peneliti. Tekik analisis data yang digunakan adalah pearson correlation. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara moral disengagement dengan perilaku cyerbullying pada remaja pengguna media sosial, dengan koefesien korelasi (p<0.001), hal ini menunjukan bahwa adanya hubungan antara moral disengagement dengan perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial. Moral disengagement memberikan sumbangsih 4,2% terbentuknya perilaku cyberbullying pada remaja pengguna media sosial. Temuan lainnya pada penelitian ini adanya perbedaan moral disengagement dan perilaku cyberbullying pada remaja ditinjau dari jenis kelamin kata kunci: moral disengagement; perilaku cyberbullying; remaja pengguna media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 09 Nov 2022 05:10
Last Modified: 09 Nov 2022 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64177

Actions (login required)

View Item View Item