Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SD Negeri 10 Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak.

Susi Susana, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SD Negeri 10 Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Susi Susana, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SD Negeri 10 Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran predict observe explain di kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran predict observe explain dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran predict observe explain dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah siswa mencapai 59,28 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata keterampilan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 67,85 atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, rata-rata keterampilan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan menjadi 77,61 atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pmbelajaran predict observe explain pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Kata kunci: Model Pembelajaran Predict Observe Explain, Keterampilan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:05
Last Modified: 02 Nov 2022 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64124

Actions (login required)

View Item View Item