Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Upaya Pembimbing Agama Terhadap Peningkatan Self-esteem pada Remaja di Panti Asuhan Ar-razaaq Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa”.

Wiwik Herni Febriatami, - (2022) “Upaya Pembimbing Agama Terhadap Peningkatan Self-esteem pada Remaja di Panti Asuhan Ar-razaaq Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Wiwik Herni Febriatami NIM : 11840224322 Judul : “Upaya Pembimbing Agama Terhadap Peningkatan Self-esteem pada Remaja di Panti Asuhan Ar-razaaq Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa”. Penelitian ini dilatar belakangi pembimbing agama yang memiliki peran penting dalam peningkatan self-esteem pada remaja, dimana pembimbing agama merupakan sumber kekuatan dan juga keberartian bagi remaja terkhususnya dipanti asuhan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pembimbing agama terhadap peningkatan self-esteem pada rema di Panti Asuhan Ar-razaaq Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan kunci 2 orang remaja dan informan utama sebanyak 2 orang pembimbing agama di Panti Asuhan Ar-razaaq Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa. Data dikumpulkan melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan membandingkan hasil wawancara informan kunci dengan informan pendukung dan membandingkan apa yang dikatakan secara umum dan secara pribadi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran Pembimbing Agama terhadap peningkatan self-esteem di Panti Asuhan Ar-razaaq Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa yaitu sebagai pembimbing memberikan kekuatan untuk bisa mengontrol dan mengatur tingkah laku dirinya, memberikan perhatian dan bantuan apabila remaja mempunyai masalah, pembimbing agama mengadakan upaya bimbingan agama dan pembinaan secara rutin dengan kegiatan muroja’ah dan setor hafalan al-qur’an pada setiap minggu. Akan tetapi ada hambatan bagi pembimbing agama dalam meningkatkan self-esteem pada remaja dipanti yaitu terkadang para remaja sulit untuk terbuka karena berbagai alasan sehingga menemui remaja terlihat sedang sedih atau memiliki masalah dengan murung maupun mengasingkan diri dari teman-temannya yang lain. Kata Kunci: Upaya Pembimbing Agama, self-esteem, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:31
Last Modified: 26 Oct 2022 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64075

Actions (login required)

View Item View Item