PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SISWA DI LUAR JAM PELAJARAN FORMAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG

Damsir, (2011) PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SISWA DI LUAR JAM PELAJARAN FORMAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201123.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan waktu belajar siswa di luar jam pelajaran formal terhadap hasil belajar fiqih di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa sedangkan obyeknya pemanfaatan waktu belajar siswa di luar jam pelajaran formal dan hasil belajar fiqih siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I sampai kelas IV Tsanawiyah yang tinggal di asrama yang berjumlah 260 orang dan yang menjadi sample berjumlah 78 orang. Pengumpulan data tentang pemanfaatan waktu belajar siswa di luar jam pelajaran formal dilakukan dengan angket dan sedangkan untuk hasil belajar adalah dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni sampai dengan 25 juli 2010. Setelah data terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisa dengan dengan teknik kualitatif. Pemanfaatan waktu belajar siswa di luar jam pelajaran formal dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu: selalu, kadang-kadang dan tidak pernah sedangkan hasil belajar di kategorikan tiga yaitu baik, cukup dan kurang. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan waktu belajar siswa di luar jam pelajaran formal itu baik jika persentase akhir mencapai 76% sampai 100%, disimpulkan cukup jika persentase akhir mencapai angka 50% sampai 75%, dan disimpulkan kurang jika persentase akhir hanya mencapai angka 0% sampai 49%. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisa korelasi serial dengan rumus: Σ{(or – ot)(M)} rser = (or – ot)2 SDtot Σ P Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan waktu belajar siswa di luar jam pelajaran formal dan pengaruhnya terhadap hasil belajar fiqih di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:29
Last Modified: 21 Dec 2015 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item