PENERAPAN KONSEP SERVICE EXCELLENCE PERBANKAN SYARIAH PADA PT. BANK RIAU KEPRI SYARIAH CABANG PEKANBARU RIAU

Muhammad Makruflis, (2014) PENERAPAN KONSEP SERVICE EXCELLENCE PERBANKAN SYARIAH PADA PT. BANK RIAU KEPRI SYARIAH CABANG PEKANBARU RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis untuk mengetahui Penerapan Konsep Service Excellence Perbankan Syariah pada PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru yang mana di dalam sebuah bisnis.Service Excellence merupakan salah satu factor utama dalam memberikan kepuasan bagi pelanggan (customer satisfication) yang selanjutnya akan berdampak pada keberlangsungaan sebuah bisnis (business suistanable). Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep Service Excellence Perbankan Syariah pada PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru yang mana juga memuat pembahasan mengenai bagaimana penerapan konsep Service Excellence Perbankan Syariah pada PT.Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru dan juga akan memuat tentang tinjauan Ekonomi Islam terhadap penerapan konsep Service Excellence Perbankan Syariah pada PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.628 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif, sedangkan teknik penulisan data yaitu secara deduktif, induktif, deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengelola operasional dan pelayanan Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru yang mana terdiri dari kepala divisi opersional dan pelayanan, customer service, dan nasabah yang seluruhnya berjumlah 105 orang. Sedangkan sampelnya ditelaah dengan teknik Random Sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan konsep Service Excellence Perbankan Syariah pada PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru dilaksanakan secara konsisten. PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru juga telah memiliki dan menerapkan system operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh PT. Bank Riau Kepri. berpedoman pada aturan yang ditetapkan oleh pimpinan pusat PT.Bank Riau Hanya saja belum semua dari aturan-aturan tersebut dapat diterapkan dengan baik oleh PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru. Sedangkan Penerapan konsep Service Excellence Perbankan Syariah pada PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pelayanan Service Excellence oleh Customer Service, security, polisi, supir, dan seluruh karyawan PT. Bank Riau Kepri Syariah yaitu pertama, kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountability). Ditinjau dari ekonomi Islam, masih diperlukan pemahaman, sosialisasi dan latihan bagi para karyawan terkait dengan prinsip-prinsip pelayanan terdapat di dalam al-Qur’an maupun Hadist Nabi. Setidaknya ada prinsip pelayanan yang perlu dipedomani yaitu prinsip persamaa, persaudaraan, tolong menolong, kenyaman serta keamanan dan mempermudah urusan. Penerapan prinsip-prinsip ini merupakan suatu keniscahayaan bagi setiap bank syariah termasuk PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Aug 2016 06:43
Last Modified: 20 Aug 2016 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6398

Actions (login required)

View Item View Item