Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DALAM BERBELANJA ONLINE PADA SHOPEE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

SUFINA NABILA, - (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DALAM BERBELANJA ONLINE PADA SHOPEE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUFINA NABILA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sufina Nabila (2022) : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DALAM BERBELANJA ONLINE PADA SHOPEE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku mahasiswa Ekonomi Syariah dalam berbelanja online dengan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor produk, promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian mahasiswa dalam berbelanja online pada Shopee serta untuk mengetahui perspektif Ekonomi Syariah terhadap faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa dalam berbelanja online pada Shopee. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2018 UIN Suska Riau berjumlah 71 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah produk, promosi dan gaya hidup serta variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang diuji menggunakan SPSS versi 23. Hasil uji t menunjukkan bahwa faktor produk dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Shopee. Sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Shopee. Hasil uji f menunjukkan bahwa secara simultan faktor produk, promosi dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Shopee. Perspektif Ekonomi Syariah terhadap produk dan promosi dalam keputusan pembelian pada Shopee sudah sesuai dengan prinsip Islam dikarenakan produk yang dijual merupakan produk yang halal dan jelas, serta promosi dilakukan dengan jujur. Sedangkan gaya hidup belum sesuai dengan prinsip Islam dikarenakan mahasiswa masih berbelanja secara berlebihan. Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Belanja Online, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:26
Last Modified: 20 Oct 2022 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63926

Actions (login required)

View Item View Item