Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

ZAHRATUL MARDIYAH, - (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model discovery learning pada materi aritmatika sosial untuk memfasilitasi kemampuam pemecahan masalah matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Miftahul Jannah Peranap. Subjek penelitian ini adalah ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika dan peserta didik kelas VII. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis model discovery learning pada materi aritmatika sosial untuk memfasilitasi kemampuam pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket dan soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh : (1) LKPD berbasis model discovery learning dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 87,12%. (2) LKPD berbasis model discovery learning dinyatakan dalam kategori sangat praktis pada kelompok kecil dengan rata-rata kepraktisan sebesar 92,81%, sedangkan untuk kelompok besar dengan rata-rata kepraktisan sebesar 88,62%. (3) LKPD berbasis model discovery learning dinyatakan dalam kategori efektif. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model Discovery Learning, Aritmatika Sosial, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:31
Last Modified: 20 Oct 2022 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63921

Actions (login required)

View Item View Item