Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Brain Based Learning untuk Memfasilitasi Siswa Berpikir Kritis pada Materi Segiempat.

NAFISA SETYO CHAIRANI, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Brain Based Learning untuk Memfasilitasi Siswa Berpikir Kritis pada Materi Segiempat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan brain based learning untuk memfasilitasi siswa berpikir kritis pada materi Segiempat yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 10 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika dan peserta didik kelas VII. Objek penelitian ini adalah LKS dengan pendekatan brain based learning untuk memfasilitasi siswa berpikir kritis pada materi Segiempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket dan teknik tes. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Jenis data yang digunakan berupa data kuantatif dan kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknis analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) LKS dengan pendekatan brain based learning dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 82,82%. (2) LKS dengan pendekatan brain based learning dinyatakan dalam kategori sangat praktis pada kelompok kecil dengan persentase keidealan 84,85% dan dinyatakan sangat praktis pada kelompok besar dengan presentase keidealan 86%. (3) LKS dengan pendekatan brain based learning dinyatakan dalam kategori efektif. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Brain Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Segiempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:48
Last Modified: 20 Oct 2022 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63920

Actions (login required)

View Item View Item