Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Studi Kompetensi Multikulturalisme pada Dosen UIN Jakarta dan UIN Riau

Imron Rosidi, - (2019) Studi Kompetensi Multikulturalisme pada Dosen UIN Jakarta dan UIN Riau. KONTEKSTUALITA : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 34 (1). pp. 1-18. ISSN p-ISSN: 1979-598X, e-ISSN: 2548-1770

[img]
Preview
Text
Artikel Kontekstualita.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Sejak awal abad 21, multikulturalisme menjadi salah satu isu yang sangat penting dalam dunia pendidikan di Tanah Air. Munculnya isu ini tak lepas dari sejumlah peristiwa kekerasan sosial yang berbasis etnis, suku, agama, ras, dan golongan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana kemampuan PTKI dalam menyikapi isu ini, dengan melihat kemampuan para pendidiknya dalam memahami multikulturalisme tersebut. Sejak IAIN berubah menjadi UIN, maka beberapa dosen yang berlatarbelakang umum (sain) ikut mewarnai kajian Islam di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan di UIN Riau dan UIN Jakarta dengan sampel 182 dosen, yang memiliki latarbelakang umum dan agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama. Tingkat kesadaran multikultralisme di kalangan dosen UIN Riau dan Jakarta cukup baik, sudah mendekati skor ideal yaitu 275. Kedua, Terdapat perbedaan tingkat pemahaman multikulturalisme antara dosen UIN Riau dengan dosen UIN Jakarta, baik yang berlatarbelakang umum maupun agama. Ketiga, Terdapat perbedaan kemampuan multikulturalisme dikalangan dosen umum dengan dosen agama, Keempat, Tidak ada korelasi antara tingkat pengetahuan dan ktrampilan multikultural yang dimiliki oleh dosen dengan kesadaran multikultural yang mereka miliki. Kata Kunci: multikultural, studi Islam, kompetensi, dosen

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 18 Oct 2022 05:17
Last Modified: 18 Oct 2022 05:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63897

Actions (login required)

View Item View Item