Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Air Dingin Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Yongga Satria Nugraha,, - (2022) Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Air Dingin Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
LENGKAP FIX_removed.pdf

Download (974kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
LENGKAP FIX-53-72.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)

Abstract

ABSTRAK Yongga Satria Nugraha, (2022): Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Air Dingin Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Pada tahun 2016 terbitlah Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 7 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan adalah perubahan dari Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 5 Tahun 2008. Perubahan ini dikarenakan di tetapkannya Undang-undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 23 tahun 2016 tentang Administrasi Kependudukan maka Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 5 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan perlu dilakukan penyesuaian dan penyempurnaan. Dalam pelaksanaannya yang terjadi Penyusunan, Penetapan dan Penerapan standar pelayanan yang dilakukan belum sepenuhnya di pahami oleh masyarakat, misalnya dalam alur pelayanan yang ada pada Kelurahan Air Dingin. Untuk mereduksi masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Air Dingin berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 7 Tahun 2016 (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terhambatnya pelaksanaan pelayanan administrasi di Kelurahan Air Dingin. Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis yaitu penulis secara langsung turun kelapangan untuk melakukan observasi dan wawancara. Sifat dari penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, artinya menunjuk secara acak pihak pihak yang bersangkutan dan dianggap dapat memberi informasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan administrasi kependudukan pada kantor Kelurahan Air Dingin masih secara keseluruhan masih banyak kekurangan disebabkan pelayanan yang diberikan oleh pegawai kantor Kelurahan Air Dingin secara transparansi memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai persyaratan- persyaratan dokumen yang harus dilengkapi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan tersebut. Masyarakat juga kurang taatnya masyarakat terhadap aturan-aturan yang berlaku. Serta masyarakat kurang peka terhadap syarat yang harus dilengkapi untuk menyingkatkan waktu proses pelayanan. Kata Kunci: Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Kelurahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Oct 2022 05:14
Last Modified: 13 Oct 2022 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63867

Actions (login required)

View Item View Item