SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) PERANGKINGAN NASABAH UNTUK MENDAPATKAN KREDIT DENGAN MENERAPKAN METODE FUZZY AHP (Studi Kasus: Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru)

Nurwati, (2011) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) PERANGKINGAN NASABAH UNTUK MENDAPATKAN KREDIT DENGAN MENERAPKAN METODE FUZZY AHP (Studi Kasus: Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011113.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru dalam melakukan penilaian terhadap nasabah menggunakan analisa manual yaitu penilaian menggunakan bahasa subjektif. Penilaian manual ini sering menimbulkan masalah yaitu kesalahan dalam memberikan pinjaman kredit kepada orang yang tidak tepat, sehingga mengakibatkan pengembalian kredit yang kurang lancar serta kredit macet. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana menentukan nasabah yang tepat untuk diberikan kredit. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem yang dapat membantu manajer untuk mengatasi hal tersebut. Sistem yang dirancang menggunakan metode Fuzzy-AHP. Metode fuzzy ahp merupakan penggabungan metode AHP dan pendekatan konsep Fuzzy . Metode Fuzzy-AHP menutupi kelemahan pada AHP dalam menangani kriteria yang bersifat subjektif. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6 dan Microsoft Access 2007. Pengujian menunjukan bahwa sistem ini memberikan hasil perangkingan berupa daftar peringkat nasabah sesuai urutan dari nilai bobot terbesar ke nilai bobot terkecil. Sehingga dapat membantu manager dalam menyeleksi nasabah yang lebih berprioritas mendapatkan pinjaman kredit. Kata kunci : Fuzzy AHP, Kredit, Sistem Pendukung Keputusan, Subjektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:54
Last Modified: 11 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item