M. Razali Fahruddin, - (2022) Analisis Pemasaran Pada Apotek Fachri Pekanbaru dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Prespektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUTLAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI - RAZALI REVISI (1) (3).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
Abstract
ABSTRAK M. Razali Fahruddin (2021): Analisis Pemasaran Pada Apotek Fachri Pekanbaru dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Prespektif Ekonomi Syariah Latar Belakang penelitian ini adalah dampak pandemi covid 19 yang mengakibatkan menurunnya penjualan beberapa bidang usaha, namun apotek fachri dapat meningkatkan pendapatan dengan menggunakan teknik pemasaran yang baik serta akurat, sehingga mampu meningkatkan pendapatan usaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pemasaran pada apotek fachri dalam meningkatkan penjualan. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemasaran pada apotek fachri Pekanbaru dan pemasaran pada apotek fachri dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif ekonomi syariah. Populasi dari penelitian ini adalah 4 orang yaitu pemilik, pengelola, dan 2 orang karyawan. Jadi mengingat jumlah populasi sedikit maka penulis mengunakan total sampling untuk pengambilan data. Sedangkan metode pengambilan data menggunakan, observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penulis menggunakan analisa data deskriptif kualitatif,metode penulisan ini berupa deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada apotek Fachri Pekanbaru di Jl. Melati km. 2 kota Pekanbaru dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemasaran telah dilakukan dengan upaya menerapkan Marketing mix yaitu produk, harga, promosi serta lokasi dalam meningkatkan pendapatan. Faktor pendukung pemasaran pada apotek fachri pekanbaru adalah lokasi yang strategis dan kompetitor yang sedikit sementara faktor penghambat pemasaran adalah ketersediaan produk yang terbatas dan kenaikan harga beberapa produk obat-obatan umum dan vitamin. Tinjauan ekonomi syariah pada pelaksanaan pemasaran di apotek fachri, pada aspek produk belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip ekonomi syariah karena masih terdapat beberapa produk yang belum memiliki label halal, akan tetapi pada aspek harga, tempat, dan promosi telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah Kata kunci : Analisis, Pemasaran, Peningkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 08:06 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 08:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63721 |
Actions (login required)
View Item |