Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK AKAD ISTISHNA’ PADA PEMESANAN BANNER DI PERCETAKAN NAIVA DIGITAL MEDIA PRODUCTION PEKANBARU

M. ALVIN HUSNI TH, - (2022) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK AKAD ISTISHNA’ PADA PEMESANAN BANNER DI PERCETAKAN NAIVA DIGITAL MEDIA PRODUCTION PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. ALVIN HUSNI TH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ASBTRAK Skripsi ini membahas Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Akad Istisna’ Pada Pemesanan Banner Di Percetakan Naiva Digital Media Production Pekanbaru. Istishna‟ merupakan sebuah akad untuk sesuatu yang tertanggung dengan syarat mengerjakannya, sehingga bila seseorang berkata kepada orang lain yang punya keahlian dalam membuat sesuatu. Fenomena ini sering terjadi dalam pemesanan banner terutama di percetakan Naiva media Production. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan fikih muamalah terhadap praktik akad istishna‟ pada pemesanaan banner di percetakan Naiva Digital Media Production Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pekanbaru pada percetakan Naiva Media Production, yang dilakukan sejak Februari hingga April 2022. Data-data terkait bersumber dari data primer dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dan data sekunder bersumber dari kitabkitab fiqih muamalah. Pengumpulan data dengan cara wawancara terhadap sampel dengan teknik purpose sampling dari total populasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan akad istishna‟ selaras dengan DSN-MUI tentang jual beli istishna‟ Nomor: 06/DSN-MUI/IV/2000 pihak yang melakukan ingkar janji dapat dijatuhi sanksi berupa membayar ganti kerugian, pembatalan akad, peralihan resiko, denda atau membayar biaya perkara. Perlindungan hukum bagi konsumen yang diberikan oleh Naiva Digital Media Production Pekanbaru dalam praktik pemesanan banner melalui media elektronik dengan memberi hak yang menyatakan bahwa pelaku usaha siap membayar kerugian apabila terjadi hal-hal yang merugikan yang disebabkan oleh pelaku usaha, hal tersebut telah memberi jaminan terhadap para konsumen sehingga mereka mendapatkan kepastian hukum dan rasa aman. Bentuk perlindungan yang diberikan Naiva Digital Media Production Pekanbaru merupakan langkah awal untuk mencegah hal-hal yang dapat merugikan konsumen Kata kunci : Istishna‟, Fiqih Muamalah, Naiva Media Production.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:46
Last Modified: 15 Sep 2022 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63686

Actions (login required)

View Item View Item