Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN LAUT BAGI KESEJAHTERAAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Telaah QS. An-Nahl:14 dan QS. Fatir: 12)

RABIAH ADAWIYAH, - (2022) PEMANFAATAN LAUT BAGI KESEJAHTERAAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Telaah QS. An-Nahl:14 dan QS. Fatir: 12). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Skripsi ini berjudul: “Pemanfaataan laut bagi kesejahteraan kehidupan manusia dalam perspektif al-Qur’an” (Telaah QS. an-Nahl:14 dan QS. Fatir: 12). Laut merupakan sumber kehidupan manusia, baik dalam infrastruktur, pangan, transportasi, sandang, ekonomi, dan lain sebagainya. kemudian bagaimana manusia memanfaatkan, mengelola, memelihara, dan melestarikan agar terjadi keseimbangan ekosistem yang ada di laut dapat terjaga dengan baik. Dengan adanya kemajuan pesat ilmu dan teknologi, seharusnya menjadikan manusia lebih mengerti aturan dan batasan terhadap potensi yang akan berdampak baik dan buruk bagi laut itu sendiri serta makhluk hidup lain yang hidup di dalamnya. Tetapi, tampak jelas bahwa manusia kebanyakan memanfaatkan hasil laut secara berlebihan sehingga menyebabkan kerusakan. Bahkan masih banyak manusia yang belum memahami begaimana pemanfaatan laut yang sesungguhnya yang sesuai dengan Norma Islam, yang tidak berlebih-lebihan dan tidak mengganggu ekosistem yang ada di laut. Persoalan yang akan diteliti dalam Skripsi ini adalah mengenai: 1) Bagaimana penafsiran Surat An-Nahl:14 dan Surah Fatir:12 tentang pemanfaatan laut?, 2) Bagaimana pemanfaatan laut bagi kesejahteraan kehidupan manusia dalam kehidupan sekarang?. Dalam hal ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan langkah kerja metode analisis tematik (maudhu‟i), yakni mengumpulkan, menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan tema dan menganalisa ayat-ayat tersebut secara deskriptif berdasarkan penafsiran mufassir. Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh pada penelitian ini, yaitu 1) Dalam al-Qur‟an surah an-Nahl ayat 14 dan surat Fatir ayat 12, para mufassir sepakat bahwa kata lahman berarti daging yang segar (ikan), kata hilyatan berarti perhiasan, kata fulk berarti kapal atau bahtera dan mencari karunia-Nya dengan serta bersyukur. 2) laut sebagai sumber makanan, laut sumber aneka perhiasan dan Tambang, laut sebagai sarana Transportasi dan laut sebagai sumber untuk mendapatkan Anugerah-Nya. Laut memberikan kontribusi yang sangat luas bagi kesejahteraan kehidupan manusia. laut dapat dimanfaatkan oleh manusia setelah ada campur tangan dari Allah karena lautan tidak mungkin dapat dikelola dan dimanfaatkan oleh manusia dengan mudah, tetapi lautan sesungguhnya telah mengalami proses penundukkan oleh Allah SWT, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan ajaran Islam. Kata kunci: Manfaat, Laut, Sejahtera, Manusia, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:31
Last Modified: 15 Sep 2022 08:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63685

Actions (login required)

View Item View Item