Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

YUNITA YOLANDA, - (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUNITA YOLANDA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yunita Yolanda (2022) : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Pada Materi Suhu Dan Perubahannya Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTs Muhammadiyah Penyasawan, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kegiatan penyelidikan. Hal ini menyebabkan kurang dibekalinya siswa dalam memecahkan suatu persoalan sehingga keterampilan proses sains siswa kurang diasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Dains Siswa di MTs Muhammdiyah Penyasawan. Metode yang digunakan pada penelitian adalah kuasi experiment dengan desain penelitian adalah non-equivalent pretest-posttest control grup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Muhammadiyah Penyasawan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji indenpendent t test dengan bantuan SPSS versi 24 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 24 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Pada Materi Suhu dan Perubahannya di MTs Muhammadiyah Penyasawan . Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:59
Last Modified: 12 Sep 2022 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63669

Actions (login required)

View Item View Item