Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA DALAM MEMPERTAHANKAN JAMAAH ISTIGHOSAH DI KABUPATEN DHARMASRAYA PADA MASA PANDEMI

ISMI LAILATUL FITRIYAH, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA DALAM MEMPERTAHANKAN JAMAAH ISTIGHOSAH DI KABUPATEN DHARMASRAYA PADA MASA PANDEMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISMI LAILATUL FITRIYAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama ::: Ismi Lailatul Fitriyah Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Stategi Komunikasi Muslimat Nahdlatul Ulama Dalam Memper-tahankan Jamaah Istighosah Di Kabupaten Dharmasraya Pada Masa Pandemi Sejak bulan Maret tahun 2020, Covid-19 masuk ke indonesia. Akibatnya ada banyak aktivitas dan kegiatan yang berubah, begitu pula kegiatan istighosah Muslimat NU Kabupaten Dharmasraya. Pada Tahun 2021 akhirnya Muslimat NU Kabupaten Dharmasraya kembali mengadakan kegiatan istighosah namun tak disangka-sangka jumlah jamaah mencapai 1000. Tujuan penelitian untuk menge-tahui bagaimanakah strategi komunikasi Muslimat NU Kabupaten Dharmasraya dalam mempertahankan jumlah jamaah di saat pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan ob-servasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah pengurus maupun anggota Muslimat NU Kabupaten Dharmasraya. Dengan menggunakan teori strategi komunikasi persuasif menurut Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach yaitu strategi psikodinamik, sosiokultural dan konstruksi makna. Hasil penelitian menunjukan strategi komunikasi persuasif yang dilakukan Muslimat NU Kabupaten Dharmasraya adalah dengan memberikan pesan yang efektif; se-derhana; baik; menarik, menggunakan bahasa yang baik, sosialisasi kepada ja-maah, penyampaian informasi yang tepat, pengulangan pesan, melakukan pen-dekatan lingkungan jamaah, dan menggunakan pendekatan melalui media. Kata Kunci: Muslimat, Nahdlatul Ulama, Istighosah, Pandemi, Psikodinamik, Sosiokultural Dan Konstruksi Makna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:03
Last Modified: 06 Sep 2022 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63649

Actions (login required)

View Item View Item