EFIL MAHYUNINGSIH, - (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENCEGAH DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
||
|
Text
SKRIPSI EFIL MAHYUNINGSIH.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Efil Mahyuningsih, (2022): Upaya Guru Bimbingan Konseling Mencegah Dampak Negatif Media Sosial Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Upaya guru bimbingan konseling mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. (2) Faktor yang mempengaruhi upaya guru bimbingan konseling mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama penelitian adalah 2 orang guru bimbingan konseling dan informan pendukung adalah 5 orang siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Teknik Pengumpulan data yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru bimbingan konseling mencegah dampak negatif media sosial yaitu melakukan upaya preventif dalam bentuk melaksanakan layanan informasi mengenai cara penggunaan media sosial yang baik dan benar, melakukan upaya kuratif dalam bentuk melaksanakan program bimbingan konseling seperti koferensi kasus dan alih tangan kasus mencegah dampak negatif media sosial pada siswa, melakukan upaya represif dalam bentuk melaksanakan layanan bimbingan konseling seperti konseling individual dan bimbingan kelompok dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa, melakukan kerja sama dengan wali kelas dan orangtua, mengevaluasi layanan yang sudah dilaksanakan dalam bentuk penilaian hasil proses. 2) Faktor yang mempengaruhi upaya guru bimbingan konseling mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru adalah (a) faktor pendukung yaitu latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling, guru bimbingan konseling berpengalaman mencegah dampak negatif media sosial pada siswa dan guru bimbingan konseling bekerja sama dengan wali kelas, guru mata pelajaran serta orangtua dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa. (b) faktor penghambat yaitu tidak tersedianya ruangan khusus konseling individual dan kurangnya keterbukaan siswa dalam menceritakan permasalahannya kepada guru bimbingan konseling. Kata kunci: Upaya Guru Bimbingan Konseling, Dampak Negatif Media Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 03:12 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 03:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63593 |
Actions (login required)
View Item |