ALDA, - (2022) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DARING PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 PANGKALAN LESUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ALDA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Alda, (2022): Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Daring pada Siswa di SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar daring pada di siswa SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kesulitan belajar daring pada siswa di SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung. Informan utama dalam penelitian ini adalah 3 orang guru bimbingan konseling sedangkan informan pendukung 5 orang siswa yang mengalami kesulitan belajar daring dan 2 orang wali kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dari hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan layanan program bimbingan dan konseling sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling memberikan layanan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar daring seperti layanan konseling individual, layanan informasi, layanan penguasaan konten. Melalui layanan ini siswa yang memiliki masalah kesulitan belajar mengikuti layanan yang telah diberikan oleh guru bimbingan dan konseling, dengan menggunakan whatsapp atau menghubungi via telephone terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar daring. Melalui layanan-layanan tersebut siswa tidak mengalami kesulitan belajar lagi, sudah bersemangat dalam pembelajaran daring, serta siswa termotivasi untuk merubah cara belajar lebih baik lagi, supaya mendapatkan nilai yang bagus. 2) faktor pendukung dan penghambat kesulitan belajar daring yaitu: (1) Faktor penghambatnya adalah siswa yang mengalami kesulitan jaringan internet, perekonomian orang tua yang masih sulit dan siswa yang kurang respon dalam kegiatan belajar selama pembelajaran daring. (2) Faktor pendukungnya adalah siswa lebih mudah mengakses pembelajaran, waktu pembelajaran lebih fleksibel, memperluas wawasan dengan menggunakan teknologi internet sebaik mungkin dan siswa bisa melakukan pembelajaran dari jarak jauh. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar, Daring
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 03:09 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 03:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63591 |
Actions (login required)
View Item |