Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR

ULFA MAWADDAH, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ULFA MAWADDAH (2022) : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkat hasil belajar siswa pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Objek pada penelitian ini adalah LKS matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes penelitian hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS pendekatan Problem Based Learning (PBL) dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 88,70%. Hasil uji praktikalitas diperoleh bahwa LKS berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 88,08%. Hasil uji efektifitas diperoleh diperoleh sebesar 2,14 dengan dk= 24 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes penilaian hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan rata-rata skor posttest 92,38 dan siswa kelas kontrol dengan rata-rata skor posttest 86,77. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) ini telah valid, praktis, dan efektif. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:44
Last Modified: 06 Sep 2022 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63589

Actions (login required)

View Item View Item