AULIA QORI ARDI, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADAMATA PELAJARAAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Aulia Qori Ardi (2022): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh guru, kurang nya keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di MA Darul Hikmah Pekanbaru yaitu kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 orang dan kelas kontrol berjumlah 15 orang sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Teknik pengambilan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian di temukan rata-rata siswa kelas eksperimen mendapatkan nilai dengan rata-rata 80,47 sedangkan pada kelas kontrol di ketahui nilai peserta didik di peroleh rata-rata 79,80. Berdasarkan observasi kemampuan komunikasi pada aktivitas peserta didik bahwa pada pertemuan pertama jumlah presentase 72,22% sedangkan pada pertemuan kedua mengalami kenaikan yaitu dengan presentase 77,77% dan pertemuan ketiga mengalami kenaikan yaitu presentase telah mencapai 86,11%. Berdasarkan analisi uji t pada hasil penelitian peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka di peroleh bahwa thitung > ttabel taraf signifikasi 5% (0,2940) dan 1% 0,3801) atau 0,2940<1.000>0,3841 yang berarti Ha di terima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan berkomunikasi pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Pekanbaru.. Kata kunci : Pengaruh, JIGSAW, Keterampilan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 04:22 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 04:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63527 |
Actions (login required)
View Item |