Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI TERHADAP KETERLAMBATAN KERUSAKAN DAN HILANGNYA BARANG (Studi Pada PT. J&T Express Cabang Duri)

NOPRIZA, - (2022) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI TERHADAP KETERLAMBATAN KERUSAKAN DAN HILANGNYA BARANG (Studi Pada PT. J&T Express Cabang Duri). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nopriza, (2022) : Pelaksanaan Tanggung Jawab Perusahaan Jasa Ekspedisi Terhadap Keterlambatan Kerusakan dan Hilangnya Barang (Studi Pada PT. J&T Express Cabang Duri) Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis, penelitian yang dilakukan dengan mengadakan identifikasi pelaksanaan hukum dan bagaimana efektivitas hukum ini berlaku di PT. J&T Express Cabang Duri. Populasi dalam penelitian ini yaitu Koordinator PT. J&T Express Cabang Duri, Admin PT. J&T Express Cabang Duri dan pengguna layanan jasa PT. J&T Express Cabang Duri. Penelitian ini berbentuk jenis penelitian kualitatif menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dan sifat penelitian ini yaitu bersifat deskriptif. Adapun penulis melakukan penelitian ini langsung ke lokasi penelitian tepatnya di PT. J&T Express Cabang Duri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. J&T Express Cabang Duri dalam hal pengiriman barang pada dasarnya telah sesuai prosedur sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 32 Undang-Undang Nomor 38 tahun 2009 tentang pos. PT. Namun, PT. J&T Express Cabang Duri dalam memberikan tanggung jawab hukum yang seharusnya diberikan kepada konsumen dimana telah ditegaskan pada Pasal 10 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentang pos pada pasal 10 ayat (2) Huruf I, maka PT. J&T Express Cabang Duri berkewajiban mengganti barang konsumen akibat keterlambatan, kerusakan dan hilangnya barang sebesar 10 kali biaya pengiriman kurang berjalan secara maksimal. Dalam hal upaya penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan konsumen pengguna jasa layanan PT. J&T Express Cabang Duri dapat dilakukan melalui Litigasi atau Non Litigasi berdasarkan Pasal 45 Undang-Undang No. 8 tahun 1999. Dalam penelitian ini bagi Perusahaan layanan jasa pengiriman barang khususnya PT. J&T Express Cabang Duri agar lebih menjalankan kegiatanya sesuai hukum yang berlaku agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas untuk memberikan kepercayaan yang tinggi pada konsumen. Bagi konsumen agar lebih memahami kewajiban serta hak-hak yang harus dilakukan dan diterima oleh konsumen. Kata Kunci: Pengiriman barang, keterlambatan, kerusakan, hilangnya barang, PT. J&T Express

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:06
Last Modified: 11 Aug 2022 15:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63516

Actions (login required)

View Item View Item