Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING (WHATSAPP GROUP) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

DWI INDAH RIVIOLITA, - (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING (WHATSAPP GROUP) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DWI INDAH RIVIOLITA (2022) : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING (WHATSAPP GROUP) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran daring Whatsapp Group terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menegah Atas Negeri 2 tambang yang terdiri dari jumlah populasi 130 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling, dengan jumlah sampel 98 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang dan objek penelitian adalah pengaruh media pembelajaran daring Whatsapp Group terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Eekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase dan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan medai pembelajaran daring Whatsapp Group di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 tambang tergolong baik yaitu dengan persentase 69,68%. Sedangkan kemandirian belajar memiliki persentase 73,14%. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan media pembelajaran daring Whatsapp Group memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang yang terbukti dari nilai thitung>tTabel (8,293>1,660) dengan signifikansi kecil 0,005 (0,000). Kata kunci: Pengaruh, Daring, Whatsapp Group, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:43
Last Modified: 11 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63515

Actions (login required)

View Item View Item