Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGAWASAN BARANG PENUMPANG PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN B TANJUNG BALAI KARIMUN

ULFA HUMAIRA THURSINA, - (2022) PELAKSANAAN PENGAWASAN BARANG PENUMPANG PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN B TANJUNG BALAI KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa Humaira Thursina (2022): Pelaksanaan Pengawasan Barang Penumpang Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Pengawasan Barang Penumpang di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun. Pengawasan barang penumpang ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyelundupan di Tanjung Balai Karimun. Tingkat penyelundupan barang penumpang di Tanjung Balai Karimun tinggi dikarenakan letak Tanjung Balai Karimun yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengawasan barang penumpang pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun, dan apa yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pengawasan barang penumpang di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun. Metodologi penelitian skripsi ini adalah jenis penelitian hukum sosiologis atau hukum lapangan dengan sifat penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 143 orang adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 38 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria tertentu. Jenis dan sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam skripsi ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengawasan barang penumpang oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun belum dilakukan dengan baik dan optimal dikarenakan terdapat faktor penghambat atau kendala yang dihadapi oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun yakni kurangnya informasi atau sosialisasi mengenai ketentuan dalam membawa barang bawaan penumpang, tidak dilaporkannya barang bawaan oleh penumpang pada Customs Declarations dan adanya penyesuaian terhadap peraturan terbaru. Keywords : Pengawasan, Barang Penumpang, Penyelundupan, Bea Cukai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:25
Last Modified: 11 Aug 2022 06:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63514

Actions (login required)

View Item View Item