Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEPUTUSAN PEMANFAATAN BIOMASSA DALAM PENGEMBANGAN BIOENERGI BERBASIS KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara V pada PKS Lubuk Dalam)

Fani Afida Faroha, - (2022) ANALISIS KEPUTUSAN PEMANFAATAN BIOMASSA DALAM PENGEMBANGAN BIOENERGI BERBASIS KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara V pada PKS Lubuk Dalam). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (BAB 1,2,3 &6)
BAB 1-6 KECUALI BAB 4 & 5.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV dan V Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Semakin banyaknya perusahaan yang bergerak disektor pengolahan kelapa sawit maka seiring pula dengan bertambahnya limbah atau biomassa kelapa sawit pada PKS (pabrik kelapa sawit) yang dapat menyebabkan bertambahnya dampak lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengambil langkah dalam pengambilan keputusan pemanfaatan biomassa untuk bioenergi kelistrikan pada PKS Lubuk Dalam. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner perbandingan berpasangan. Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan mengidentifikasi elemen-elemen yang dianggap penting, kemudian dirumuskan kedalam hirarki yang akan diolah dengan metode Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process). Dari hasil penelitian ini didapatkan tujuan utama dari dimanfaatkannya biomassa, teknologi pembangkit yang paling efektif, serta alternatif yang paling berpotensi digunakan sebagai biomassa potensial untuk bioenergi kelistrikan pada PKS Lubuk Dalam. Diharapkan kedepannya PKS Lubuk Dalam dapat mengimplementasikan hasil dari penelitian ini untuk dapat memanfaatkan biomassa yang tidak terpakai menjadi energi kelistrikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:54
Last Modified: 08 Aug 2022 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63450

Actions (login required)

View Item View Item