Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Evaluasi Sistem Pelayanan Kesehatan Menggunakan Value Stream Mapping dan Metode Discrete Event Simulation (Studi Kasus: Instalasi Rawat Jalan RSUD Indrasari Rengat)

Tri Wahyu Hidayat, - (2022) Evaluasi Sistem Pelayanan Kesehatan Menggunakan Value Stream Mapping dan Metode Discrete Event Simulation (Studi Kasus: Instalasi Rawat Jalan RSUD Indrasari Rengat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB V)
File Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Rengat merupakan salah satu rumah sakit di kabupaten Indragiri Hulu yang berlokasi di Desa Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa terdapat antrian yang cukup panjang pada proses pendaftaran, pelayanan poliklinik, dan pengambilan obat. Hal ini berdampak pada lamanya pasien menunggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Value stream mapping digunakan untuk memetakan aliran informasi-informasi yang terjadi pada instalasi rawat jalan, dan metode discrete event simulation digunakan untuk memecahka permasalahan pada studi kasus ini. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya penerapan sistem pendaftaran online serta penambahan server pada poliklinik dan farmasi dapat mengurangi waiting time dan dapat memaksimalkan kinerja dokter sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Aug 2022 05:01
Last Modified: 08 Aug 2022 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63443

Actions (login required)

View Item View Item