Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

engaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 2 Kampar Pada Topik Objek IPA dan Pengamatannya

DWI NURMALA SARI, - (2022) engaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 2 Kampar Pada Topik Objek IPA dan Pengamatannya. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Nurmala Sari (2022): Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 2 Kampar Pada Topik Objek IPA dan Pengamatannya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTs Negeri 2 kampar, guru masih menggunakan metode ceramah, jarang menggunakan metode yang bervariasi. Hal ini menyebabkan peserta didik cenderung kurang dalam menggunakan kemampuan argumentasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VII MTsNegeri 2 Kampar pada topik Objek IPA dan Pengamatannya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control grup, adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Kampar yang berjumlah 79 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui soal tes yang disusun berdasarkan indikator argumentasi ilmiah menurut Toulmin yang berjumlah 13 soal uraian, data juga di ambil melalui lembar observasi. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan rumus uji independent t-test dengan bantuan SPSS versi 24 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 24 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan argumentasi peserta didik MTs Negeri 2 Kampar pada topik Objek IPA dan Pengamatannya. Kata Kunci: Metode Problem Based Learning, Kemampuan Argumentasi, Objek IPA dan Pengamatannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:06
Last Modified: 08 Aug 2022 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63413

Actions (login required)

View Item View Item