Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYUSUN KALIMAT BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTS N 4 TAPANULI SELATAN

HASANAH, - (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYUSUN KALIMAT BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTS N 4 TAPANULI SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HASANAH (11810220601).pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasanah, (2022) : Efektivitas penerapan model pembelajaran scramble menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa arab kelas VIII di MTs N 4 Tapanuli Selatan Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran scramble menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa arab kelas VIII MTs N 4 Tapanuli Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah efektivitas penerapan model pembelajaran scramble menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa arab kelas VIII MTs N 4 Tapanuli Selatan?. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa arab, sedangkan subjeknya dalah seluruh siswa kelas VIII di MTs N 4 Tapanuli Selatan tahun ajaran 2021/2022. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang dan sampelnya dalah siswa kelas VIII -1 = 20 dan VIII-2 = 20 yang berjumlah 40 siswa. instrument yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil pre test dan post test di kelas eksperimen peneliti mendapatkan nilai 7,5 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 5,5. Berdasarkan aanalisis data menggunaan rumus ttest, di peroleh thitung = 2,5 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,42 dan taraf signifikan 5% = 1,68. Sehingga H0 di tolak dan Ha di terima, yang berarti adanya peningkatan yang signifikan antara model pembelajaran scramble menggunkan media gambar terhadap kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa arab. Begitu juga pada tabel observasi, model pembelajaran scramble menggunakan media gambar mendapatkan nilai 97,4% dengan arti bagus sekali karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan data tersebut, model pembelajaran scramble menggunakan media gambar di nyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa arab kelas VIII MTs N 4 Tapanuli Selatan. Kata kunci : Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Scramble, Media Gambar, Menyusun Kalimat Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:10
Last Modified: 05 Aug 2022 09:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63412

Actions (login required)

View Item View Item