Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan di Kelas IV SDN 50 Kota Jambi.

Luthfia Altika Utam, - (2022) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan di Kelas IV SDN 50 Kota Jambi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Luthfia Altika Utami (2022) : Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan di Kelas IV SDN 50 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 50 Kota Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan rancangan pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Purposive Sampling. Sampel pada penilitian ini adalah siswa kelas IV, dimana Kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen adalah kelas IVA dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik dan kelas kontrol adalah kelas IVB dengan pendekatan konvensional. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes dengan tipe uraian sebanyak 4 soal. Hasil analisis data menggunakan uji-t dari kedua kelompok diperoleh hasil nilai thitung pretest = 0,48, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5%. Dengan df 70 yaitu 2,00. Ini berarti thitung ≤ ttabel, maka hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Sementara itu nilai thitung posttest= 3,22, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df 70 yaitu 2,00. Ini berarti diperoleh dari ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00. Ini berarti thitung ≥ ttabel, maka hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan metode konvensional. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:12
Last Modified: 05 Aug 2022 09:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63411

Actions (login required)

View Item View Item