Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PT. BALAM BERLIAN SAWIT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA BANGKO PERMATA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Indah Angraini, Indah (2022) ANALISIS TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PT. BALAM BERLIAN SAWIT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA BANGKO PERMATA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi ekonomi rata-rata masyarakat yang berada ditingkat menengah kebawah. Berdirinya PT. Balam Berlian Sawit tentu memberikan peran atau perubahan bagi masyarakat sekitar. Berdirinya PT ini membuka peluang bagi masyarakat Desa Bangko Permata untuk mendapatkan pekerjaan. Peluang-peluang lain pun bermunculan seperti terbukanya peluang usaha disekitar pabrik dan yang lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tanggung jawab sosial ( corporate social responsibility) PT. Balam Berlian Sawit dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Bangko Permata dan Bagaimana perspektif ekonomi syariah mengenai tanggung jawab sosial ( corporate social responsibility) PT. Balam Berlian Sawit dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Bangko Permata. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Bangko Permata Kecamatan Bangko Pusako. Populasi pada penelitian ini berjumlah 76 orang , pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 orang pejabat PT. Balam Berlian Sawit dan 75 orang warga Desa Bangko Permata. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tanggung jawab PT. Balam Berlian Sawit dalam meningkatkan ekonomi masyarakat telah dilaksanakan dengan baik yaitu berkurangnya jumlah pengangguran, peningkatan pendapatan dan pemerataan pendapatan serta peningkatan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan keluarga. Sedangkan dalam perspektif ekonomi syariah tanggung jawab sosial PT. Balam Berlian Sawit, dengan berkurangnya jumlah pengangguran, peningkatan dan pemerataan pendapatan serta peningkatan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan masyarakat dan keluarga telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Tingkat Ekonomi dan Kesejahteraan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:22
Last Modified: 05 Aug 2022 09:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63404

Actions (login required)

View Item View Item