Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan media bokklet berbasis SETS (Science, Enviroment, Technology, Society) materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di MTsN 2 Kampar.

Nur Afni, - (2022) Pengembangan media bokklet berbasis SETS (Science, Enviroment, Technology, Society) materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di MTsN 2 Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
NURAFNI_removed.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
NURAFNI-63-91.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Afni, (2022): Pengembangan media bokklet berbasis SETS (Science, Enviroment, Technology, Society) materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di MTsN 2 Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketersediaan Media berupa bahan ajar yang berbasis SETS masih jarang ditemui,khususnya disekolah Madrasah yaitu di MTsN 2 Kampar. Media yang digunakan masih berupa LKS dan buku cetak yang hanya mengantarkan siswa pada ketercapaian ilmu umum saja dan belum adanya media yang berbasis SETS(Science, Enviroment, Tecnology, Society), yang memadukan ilmu sains dengan teknologi dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet berbasis SETS pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkunganya dan untuk mengetahui validitas , praktikalitas serta respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model pengembangan 4-D (define, design, development, dissaminate). Instrument penelitian yang digunakan meliputi angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan angket respon peserta didik. Hasil validasi produk oleh ahli media pada validasi awal memperoleh persentase 75%(valid) dan memiliki nilai akhir 87%(sangat valid). Pada ahli materi pada validasi awal memperoleh persentasi 86%(sangat valid) dan memiliki nilai akhir 90%(sangat valid).Booklet berbasis SETS(Science,Enviroment,Tecnology,Society) yang dikembangkan juga teruji praktis dengan perolehan persentase sebesar 94% (sangat praktis) dan mendapat respon baik dari peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 96%(sangat baik).Hal ini dapat disimpulkan bahwa media booklet berbasis SETS valid digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Media, Booklet Berbasis SETS, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:30
Last Modified: 05 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63390

Actions (login required)

View Item View Item