Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BANGKINANG

WAHYU FITRA NINGSIH, - (2022) ENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITAN(BAB IV).pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

WAHYU FITRA NINGSIH (2022) : ENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BANGKINANG Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Bangkinang Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII, para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah Modul berbasis Inkuiri Terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi modul oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon guru dan siswa, serta instrumen keefektifan berupa soal pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul pembelajaran matematika berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (86,74%) dan sangat praktis (91,78%) pada uji coba kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:03
Last Modified: 05 Aug 2022 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63383

Actions (login required)

View Item View Item