Eva Nanda Susanti Purba, Eva (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA AL MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dan objek penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 31 orang siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes T. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang belajar dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi. Hal ini terlihat dari uji tes-t yaitu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw - Aktivitas Belajar |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:19 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63379 |
Actions (login required)
View Item |