Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SSI (SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES) BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SMA KELAS XI

MIRA WATI, - (2022) DESAIN DAN UJI COBA MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SSI (SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES) BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIRA WATI.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mira Wati, (2022): Desain dan Uji Coba Multimedia Interaktif dengan Pendekatan SSI (Socio-Scientific Issues) Berbasis Android untuk Pembelajaran Kimia pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain media pembelajaran berupa multimedia interaktif dengan pendekatan SSI berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dibatasi sampai tahap ke-3 yaitu, tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develope (pengembangan). Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu berupa data angket dan wawancara. Instrument pengumpulan data berupa angket validitas, angket praktikalitas dan angket respon peserta didik. Produk dalam penelitian ini divalidasi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi dan uji praktikalitas (guru kimia) serta respon peserta didik di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang berupa multimedia interaktif dengan pendekatan SSI berbasis android. Media yang dihasilkan telah teruji valid dengan persentase 92% (Sangat Valid), teruji praktis dengan persentase 88% (Sangat praktis), dan mendapatkan respon dengan persentase 80,6% (praktis). Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan pendekatan SSI (socio-scientific issues) berbasis android untuk pembelajaran kimia pada materi hidrolisis garam sudah valid dan praktis sehingga dapat dilakukan uji coba selanjutnya. Kata Kunci: Android, Hidrolisis Garam, Multimedia Interaktif, Socio- Scientific Issues (SSI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:51
Last Modified: 05 Aug 2022 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63376

Actions (login required)

View Item View Item