Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SDIT INSAN CENDEKIA BANGKINANG KOTA

CITRA RAHMAWATI, - (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SDIT INSAN CENDEKIA BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Citra Rahmawati, (2022) : Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan sosial siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan muatan Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi pembelajaran Small Group Discussion di kelas V SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa diantaranya siswa kurang mampu mengendalikan diri, kurang mampu memahami perbedaan pendapat dan sulit berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah strategi pembelajaran Small Group Discussion dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis data deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan strategi pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sosial siswa hanya mencapai 52,35% yang berada pada rentang 50%-59% dengan kategori “kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, keterampilan sosial siswa 67,20% yang berada pada rentang 60%-69%, dengan kategori “cukup”, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87,72% yang berada pada rentang 80%- 100% dengan kategori “sangat baik”. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Small Group Discussion, Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:47
Last Modified: 05 Aug 2022 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63370

Actions (login required)

View Item View Item