Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL CHEMISTRY EXPERIMENTS ONLINE LABS (OLabs) PADA MATERI LAJU REAKSI

REYNATA FIROOS. S, - (2022) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL CHEMISTRY EXPERIMENTS ONLINE LABS (OLabs) PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI REYNATA FIROS. S.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reynata Firoos, (2022): Analisis Keterampilan Proses Sains Dengan Menggunakan Virtual Chemistry Experiments Online Labs (OLabs) Pada Materi Laju Reaksi Keterampilan proses sains sangat penting untuk memahami pengetahuan dan telah menjadi tujuan penting dalam ilmu pendidikan. Dibutuhkan solusi untuk membantu meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui pratikum dengan bantuan media pembelajaran virtual laboratorium yang sesuai dengan kondisi pandemi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan virtual chemistry experiments online labs (OLabs) terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 pada kelas XI MIA SMAN 1 Keritang dengan materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mixed Method Research) dengan desain penelitian model explanatory design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dan wawancara untuk mengetahui respon siswa dan memperkuat hasil data yang telah diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dilihat dari perolehan rata-rata hasil posttest keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kontrol adalah sebesar 74.84 kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 64.242. Dari hasil uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS memperoleh sig. (2-tailed) = 0,000, yang artinya 0,000 < 0,05 yang signifikan sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Indikator keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memiliki selisih tertinggi yaitu pada indikator mengelompokan dengan selisih 22,29. Sehingga pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan virtual chemistry experiments online labs (OLabs) dengan siswa yang tidak menggunakan virtual chemistry experiments online labs (OLabs). Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Virtual Chemistry Experiments (OLabs), Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:35
Last Modified: 05 Aug 2022 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63368

Actions (login required)

View Item View Item