Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP PEKANBARU

WA ODE NUR MUHSINAH, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Waode Nur Muhsinah (2022) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) terhadap Literasi Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh literasi lingkungan siswa yang masih dinyatakan rendah, pentingnya menanamkan sikap dan keterampilan berbasis lingkungan dalam pembelajaran masih kurang, dalam proses pembelajaran IPA yang masih dilakukan dengan menyampaiakan materi saja belum mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi lingkungan melalui proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran scince environment technology society pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental design dengan bentuk desain one group pretest-postest dengan pengambilan sampel secara keseluruhan (total sampling). Sampel dalam penelitian ini dalah kelas VII. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes literasi lingkungan berupa soal issian, pilihan ganda dan angket yang di dukung oleh lembar observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dugunakan adalah N-gain, uji normalitas Shapiro-wilk dan uji hipotesis nonparametrik. Berdasarkan hasil olah data diketahui signed rank test maka nilai Z yang didapat -4,278 denganp value (Asymp. Sig. 2 tailed) sebesar 0,000<0,05 (batas kritis peneliti) sehingga keputusan hipotesis yang diambil adalah Ha yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran SETS terhadap literasi lingkungan peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Kata Kunci: Science Environment Technology And Society (SETS), Literasi Lingkungan, Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:52
Last Modified: 05 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63361

Actions (login required)

View Item View Item