DENA FADHLIATI, - (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dena Fadhliati, (2022) : Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Multirepresentasi Pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran yang dilakukan masih belum dapat membantu siswa belajar secara mandiri sehingga pembelajaran masih terpusat pada guru, tanpa adanya dorongan dari guru, siswa kurang termotivasi untuk membaca sendiri serta kurangnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan gambar, simbol, maupun matematis selama pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan respon siswa terhadap multimedia interaktif dengan pendekatan multirepresentasi pada materi getaran gelombang dan bunyi. Penelitian dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi pengembangan oleh Borg and Gall. Langkah penelitian dalam penelitian ini dibatasi sampai dengan langkah kelima yaitu uji coba lapangan awal, hal ini dikarenakan kondisi yang peneliti hadapi dalam proses pengembangan. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Angket diberikan kepada 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, 2 orang guru IPA, dan 15 peserta didik. Hasil validitas multimedia interaktif sudah dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai sebesar 88,3%, hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh nilai sebesar 75,8% dengan kategori seluruh penilaian valid atau layak untuk digunakan. Selain itu multimedia interaktif dengan pendekatan multirepresentasi pada materi getaran gelombang dan bunyi dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, berdasarkan penilaian oleh praktisi dengan nilai sebesar 88,4%. Berdasarkan respon peserta didik di MTsN 2 Rokan Hulu kelas VII-3 seSbanyak 15 peserta didik diperoleh nilai sebesar 89,1%% dan dinyatakan sangat baik, ataupun respon peserta didik terkait dengan produk multimedia interaktif dengan pendekatan multirepresentasi pada materi getaran gelombang dan bunyi sangat positif. Kata kunci : multimedia interaktif, pendekatan multirepresentasi, getaran gelombang dan bunyi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:53 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63358 |
Actions (login required)
View Item |