Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota.

Anisah Zumarnis Yelma, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

ABSTRAK Anisah Zumarnis Yelma, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa pada mata pelajaran tematik tema tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku) subtema 1(Lingkungan Tempat Tinggalku) melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture kelas IV SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota.. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis deskripsi siswa diantaranya: siswa yang kurang paham menulis isi gagasan, mengorganisasi isi tulisan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan keterampilan menulis deskripsi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Sebelum tindakan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi hanya mencapai 45,05% yang berada pada rentang <75% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, keterampilan menulis deskripsi siswa 65,8% yang berada pada rentang <75%, dengan kategori kurang, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 89,3% yang berada pada rentang 84%-92% dengan kategori Baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa pada di kelas IV SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Keterampilan Menulis Deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:09
Last Modified: 05 Aug 2022 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63331

Actions (login required)

View Item View Item